Minggu, 22 Januari 2017

J.R.R. Tolkien





Image result for buku the lord of the ringsJohn Ronald Reuel Tolkien, lahir di Bloomfontein Afrika selatan 3 Januari 1892. Setelah tiga tahun berada di Afrika selatan, dia kembali ke Inggris bersama ibunya, Mabel. Sayangnya ayahnya meninggal setahun kemudian, meninggalnya dengan sedikit kenangan tentang ayahnya, dan melewati masa kecil yang bisa dibilang bahagia. Dia kemudian dibawa ke pedesaan di Warwickshire dan banyak yang menganggap bahwa tempat ini merupakan ide dari terbentuknya Shire di The Lord of The Ring.

Pada tahun 1904, ketika John baru berusia 12 tahun ibunya Mabel meninggal dunia karena diabetes dan meninggalkan bekas yang mendalam pada dirinya dan adik laki-lakinya, sejak usia muda, J.R.R. Tolkien adalah seorang cendekiawan yang sangat baik, dengan ketertarikan akan bahasa. Dia sangat menikmati mempelajari bahasa, khususnya bahasa Yunani, bahasa Anglo-saxon, bahasa Finlandia dan kemudian menjadi professor bahasa di Universitas Oxford.

Image result for buku the lord of the rings two towersMeskipun merupakan seorang sarjana di sekolah King Edward VI, pada awalnya dia gagal memenangkan beasiswa ke Oxford. Hal ini sebagian disebabkan karena dia jatuh cinta pada kekasih masa kecilnya, Edith. Ketika mengetahui tentang kisah percintaan ini, walinya bapa Francis Morgen melarang John untuk menemui Edith sampai dia berusia 21 tahun dan tidak lagi berada dalam asuhannya. John dengan setia menunggu hingga ulang tahunnya yang ke-21 dan ingin menjadikan Edith sebagai istrinya. Hal ini adalah bukti kesetiaannya pada istrinya dan muncul juga pada tulisannya di The Silmarillion yakni kisah Baren dan Luthien yang berbeda latar belakang.

Pada tahun 1917, dia mulai mengerjakan karya epiknya The Silmarillion yang merupakan pusat seluruh mitologi dari karya Tolkien yang lainnya dan merupakan karya yang terus di revisi sampai kematiannya pada tahun 1973. The Silmarillion membuat suatu bacaan yang berat, di dalamnya tidak tergerak oleh plot tetapi melukiskan sejarah alam semesta, ceritanya bergerak dari penciptaan alam semesta, pengenalan akan kejahatan dan pemberontakan Noldor, dan banyak akar cerita dari The Lord of The Ring. Karya tersebut bukan hanya sekedar cerita, tetapi juga sejarah dari dunia secara keseluruhan dan orang-orangnya.

Image result for buku the lord of the ringsAwalnya tulisan-tulisan Tolkien hanya diketahui oleh beberapa orang saja, dia merasa waktunya banyak terfokuskan untuk kegiatannya sebagai professor, dia juga menghabiskan waktu untuk menulis makalah-makalah tentang sastra pada abad pertengahan. Karya-karya ini termasuk karya yang menjadi cikal bakal Sir Gawain and The Green Knight dan Beowulf. Pada tahun 1945, dia mendapatkan jabatan sebagai guru besar Merton, dan mendapat tugas tambahan untuk mengajar disana.

Beberapa saat setelah tahun 1930, Tolkien mendapat insprasi yang tidak terduga untuk mulai menulis The Hobbit, selagi memeriksa lembar-lembar ujian, dia menuliskan di tepi halaman kertas dengan kalimat “Di sebuah lubang dalam tanah, tinggalah seorang hobbit”. Tidak seperti The Silmarillion, The Hobbit adalah sebuah kisah dongeng dan petualangan yang sederhana untuk anak-anak. Mengisyaratkan tentang hal-hal yang jahat, cerita tersebut masih berakhir dengan bahagia untuk selamanya dan terutama bersangkutan atas kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Image result for buku the hobbitKarena kesuksesan The Hobbit, para sahabat Tolkien mendorong ia untuk menulis sebuah sekuel, maka setelah bertahun-tahun lamanya Tolien mulai menulis The Lord of The Ring, karya ini menjadi cukup berbeda degan pendahulunya baik dalam cakupan maupun dimensi. Karena cakupan yang terjal para penerbit merasa khawatir untuk menerbitkannya, dan akhirnya tetap di terbitkan dalam enam bagian, penerbit juga menawarkan tidak ada pembayaran sampai buku itu mendapatkan laba. Edisi pertama di terbitkan pada tahun 1954 dan segera menjadi laris akan tetapi pada tahun 1965 ketika diterbitkan di Amerika, buku itu menjadi buku terlaris secara Internasional. Tolkien menjadi terkenal dan The Lord of The Ring nantinya akan dinobatkan menjadi buku terpopuler sepanjang masa.

Image result for the silmarillionMeskipun buku tersebut mendapatkan popularitas, tetapi tidak selalu mendapatkan penghargaan yang sama dari dunia keperpustakaan. Di tahun 1977, Universitas Oxford menganugerahkan Tolkien gelar kehormatan Doctor of Letters. Penghargaan tersebut bukanlah untuk tulisannya, tetapi untuk penelitian-penelitiannya dalam studi linguistik. Istri tercintanya Edith meninggal di tahun 1971 dua tahun kemudian Tolien pun meninggal dunia, setelah kematiannya karyanya mulai mendapatkan popularitas dan penjualan yang semakin meningkat, bahkan sebelum peluncuran film The Lord of The Ring, buku The Lord Of The Ring sering dipilih sebagai buku yang paling dicintai sepanjang masa, putranya Christopher Reuel Tolkien dengan hati-hati memeriksa seluruh naskahnya, dan menerbitkan secara anumerta beberapa sejarah dari Middle earth yang mencakup berbagai draf-draf awal cerita tersebut dan sejarahnya.
Karyanya :

-          1937 The Hobbit
-          1949 Farmer Giles of Ham
-          1954 The Lord of The Ring - The Fellowship of The Ring
-          1954 The Lord of The Ring - Two Towers
-          1955 The Lord of The Ring – Return of The King
-          1962 The Adventures of Tom Bombadil
-          1977 The Silmarillion

-          1995 J.R.R. Tolkien: Artist and Illustrator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar