Sabtu, 21 Januari 2017

Dunia Farmasi ku

Sebelumnya telah sedikit di singgung tentang masa Sekolah Menengah Kejuruan ku, dengan latar belakang anak kesehatan yang masuk ke dunia sastra sepertinya memang tidak sama sekali berhubungan. Oleh karena itu mari dalam postingan kali ini aku akan sedikit membahas tentang apa saja pelajaran khas Farmasi yang ku pelajari dulu.

-          Ilmu Resep
Merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara penyediaan obat-obatan menjadi bentuk tertentu hingga siap digunakan sebagai obat. Ada anggapan bahwa ilmu ini mengandung sedikit kesenian, maka dapat dikatakan bahwa ilmu resep adalah ilmu yang mempelajari seni meracik obat (art of drug compounding), terutama ditunjukan untuk melayani resep dari dokter.
Penyediaan obat disini mengandung arti pengumpulan, pengenalan, pengawetan dan pembakuan dari bahan obat-obatan. Melihat ruang lingkup dunia farmasi yang cukup luas, maka mudah dipahami bahwa ilmu resep tidak dapat berdiri sendiri tanpa kerja sama yang baik dengan cabang ilmu yang lain.

Pada waktu seseorang mulai terjun masuk kedalam pendidikan kefarmasian berarti dia mulai mempersiapkan dirinya untuk melayani masyarakat dalam hal:
·         Memenuhi kebutuhan obat-obatan yang aman dan bermutu.
·         Pengaturan dan pengawasan distribusi obat-obatan yang beredar di masyarakat.
·         Meningkatkan peranan dalam bidang penyidikan dan pengembangan obat-obatan.
Mempelajari resep berarti mempelajari penyediaan obat-obatan untuk kebutuhan si sakit. Seseorang akan sakit bila mendapatkan serangan sari bibit penyakit, sedangkan bibit tersebut telah ada semenjak diturunkannya manusia pertama.

-          Farmakologi
Merupakan ilmu yang mempelajari pengaruh bahan kimia pada sel hidup dan sebaliknya reaksi sel hidup terhadap bahan kimia tersebut. Pada mulanya Farmakologi mencakup berbagai pengetahuan tentang obat yang meliputi sejarah, sumber, sifat-sifat fisika dan kimiawi, cara meracik, efek fisiologi dan biokimiawi, mekanisme kerja, absorbsi, distribusi, biotransformasi dan eksresi, serta penggunaan obat untuk terapi dan tujuan lain.
Farmakologi mempunyai cabang ilmu yang mempelajari obat secara lebih spesifik, yaitu :
·        Farmakodinamik adalah ilmu yang mempelajari cara kerja obat, efek obat terhadap faal tubuh dan perubahan biokimia tubuh.
·     Farmakokinetik adalah ilmu yang mempelajari cara pemberian obat, biotransformasi atau perubahan yang dialami obat di dalam tubuh dan cara obat dikeluarkan dari tubuh (eksresi).
·    Farmakoterapi merupakan cabang ilmu Farmakologi yang mempelajari penggunaan obat untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit.
·         Farmakognosi merupakan ilmu yang mempelajari sifat-sifat tumbuhan dan bahan lain yang merupakan sumber obat.

-          ilmu kesehatan masyarakat
menurut para ahli ilmu kesehatan masyarakat adalah suatu ilmu dan seni yang bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit, memperpanjang masa hidup dan mempertinggi nilai kesehatan. Untuk mencapai hal tersebut dilakukan dengan jalan menimbulkan, menyatukan, menyalurkan dan mengkoordinir usaha-usaha di dalam masyarakat kearah terlaksananya usaha-usaha :
·      memperbaiki kesehatan lingkungan.
·    Mencegah dan memberantas penyakit infeksi yang berkembang dalam masyarakat.
·      Mendidik masyarakat dalam prinsip-prinsip kesehatan perorangan.
·      Mengkoordinir tenaga kesehatan agar mereka dapat melakukan pengobatan dan perawatan dengan sebaik-baiknya.
·      Mengembangkan usaha-usaha masyarakat agar mereka dapat mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

-          Undang-undang Kesehatan
Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum harus di wujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam pembukaan UUD 1945. Pembangunan kesehatan diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar apat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar