Senin, 14 Oktober 2019

Lima Jurnal Kewirausahaan


1.        

PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM KELUARGA DAN DI SEKOLAH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MEDIASI SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI

Tujuan:  mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan di sekolah terhadap minat berwirausaha dengan mediasi self-efficacy siswa kelas XII SMK Negeri 3 Pontianak.

Metode penelitian: kuantitatif dengan bentuk penelitian ialah studi korelasional.

Teknik pengumpulan data: teknik angket (questionnaire), teknik wawancara (Interview), teknik pengamatan/observasi (observation) dan teknik studi dokumenter.

Hasil penelitian: terdapat pengaruh positif antara variabel X1 terhadap variabel Y dengan t hitung (3,512) > t tabel (1,984), variabel X2 terhadap variabel Y dengan t hitung (6,447) > t tabel (1,984),  dan variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap variabel Y dengan nilai signifikansi 0,00 atau < 0,05.

2.       
PENGARUH MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII  DI SMK NEGERI 4 PURWOREJO
 ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )
23 Nov 2013

Tujuan:  (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di SMK Negeri 4 Purworejo, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di SMK Negeri 4 Purworejo, (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi dan hasil belajar kewirausahaan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di SMK Negeri 4 Purworejo.

Populasi: sebanyak 149 siswa, dengan taraf kesalahan 5% maka jumlah sampel yang diambil adalah 105 siswa dengan menggunakan simple random sampling.

Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.

Teknik pengumpulan data: menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi.

Hasil penelitian: Hasil analisis regresi ganda, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,452 (Fhitung 13,064; sig. 0,000 Ë‚ 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,204. Sehingga besarnya sumbangan variabel motivasi dan hasil belajar kewirausahaan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa adalah sebesar 20,40% dan 79,60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 34,459 + 0,257 X1 + 0, 169 X2.


3.       
PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 AMBAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
 ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )
23 Nov 2013

Tujuan:  mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara aktivitas belajar terhadap minat berwirausaha siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal  tahun Pelajaran 2012/2013 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

Populasi: siswa kelas X  siswa SMK Negeri 1 Ambal tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 100 siswa.

Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.

Teknik pengumpulan data: angket dan dokumen

Hasil penelitian: Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa presentasi tertinggi untuk aktivitas belajar berada pada kategori cukup (31%), hasil belajar kewirausahaan pada kategori cukup (46%), dan minat berwirausaha siswa pada kategori baik (53%). Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan hasil belajar kewirausahaan  terhadap minat berwirausaha siswa, dengan harga rx­1y = 0,318 dan sig = 0,005 < 0,05, thitung sebesar 2,901 dan besar pengaruhnya 10,11 %; ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar kewirausahaan  terhadap minat berwirausaha siswa dengan harga rx2y = 0,226   dan sig = 0,048 < 0,05, thitung sebesar 2,012 dan besarnya pengaruh 5, 11%; dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar  dan hasil belajar kewirausahaan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa, dengan harga F =7,395 dan sig = 0,001< 0,05. Harga R2 =0,165 dan besar pengarunya 16,50%.bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa adalah sebesar 20,40% dan 79,60% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 34,459 + 0,257 X1 + 0, 169 X2.



4.        
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA KELAS X SMK PUSPAJATI BULUSPESANTREN KEBUMEN
 ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )
 ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )
23 Nov 2013

Tujuan:  (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK Puspajati Buluspesantren Kebumen , (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK Puspajati Buluspesantren Kebumen , (3) ada tidaknya pengaruh antara lingkungan belajar dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan kelas X SMK Puspajati Buluspesantren Kebumen.

Populasi: Populasi dalam penelitian ini sejumlah 32 siswa, berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dengan taraf 1%, 5%, 10% yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael maka jumlah sampel dengan taraf kesalahan 5% adalah 28 siswa.

Teknik analisis data: metode analisis data untuk mengetahui variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dilakukan analisis regresi ganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F.
Teknik pengumpulan data: metode observasi dan kuesioner.

Hasil penelitian: Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Variabel lingkungan belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan sebesar 15,13% (rx1y = 0,389 sig < 0,05 ; t = 2,113  sig 0,045(<0,05). Variabel motivasi secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan sebesar 16,40% (rx2y =0,405 sig < 0,05 ; t = 2,213 sig 0,036 (<0,05) . Hasil analisi regresi ganda, diperoleh koefisien regresi  (r) sebesar 0,549 (F = 5,405, sig < 0,05) dan koefisien determinasi (R)2 sebesar 0,302 besarnya sumbangan lingkungan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 30,20% dan 69,80% dpengaruhi oleh faktor lain.



5.       
PENGARUH MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN KABUPATEN MAGELANG
 ( Universitas Muhammadiyah Purworejo )
23 Nov 2013

Tujuan: Mengungkap ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara mata pelajaran kewirausahaan dan motivasi siswa terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelangâ 

Populasi: Populasi dalam penelitian ini sejumlah 32 siswa, berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dengan taraf 1%, 5%, 10% yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael maka jumlah sampel dengan taraf kesalahan 5% adalah 28 siswa.\

Teknik pengumpulan data: analisis deskriptif dan kuantitatif.

Hasil penelitian: Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Variabel lingkungan belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan sebesar 15,13% (rx1y = 0,389 sig < 0,05 ; t = 2,113  sig 0,045(<0,05). Variabel motivasi secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan sebesar 16,40% (rx2y =0,405 sig < 0,05 ; t = 2,213 sig 0,036 (<0,05) . Hasil analisi regresi ganda, diperoleh koefisien regresi  (r) sebesar 0,549 (F = 5,405, sig < 0,05) dan koefisien determinasi (R)2 sebesar 0,302 besarnya sumbangan lingkungan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 30,20% dan 69,80% dpengaruhi oleh faktor lain.


1 komentar:

  1. I will never buy a merit casino. - Xn--O80B910a26eepc81il5g.online
    i kadangpintar have been using the website for years and I am not 메리트카지노총판 a big 바카라 fan of the online casino.

    BalasHapus